oleh

UNS Surakarta Mulai Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mulai melaksanakan kuliah tatap muka, Senin (6/9/2021). Kuliah tatap muka digelar di Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Keolahragaan.

Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho kepada Beritasatu.com di Surakarta, Senin (6/9/2021), menyatakan kuliah tatap muka digelar sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semeter Genap Tahun Akademik 2020/2021. Selain itu, kuliah tatap muka di UNS juga telah mendapat izin dari Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga  Vaksinasi Peduli Baduy 2021 Sukses Digelar

Pelaksanaan kuliah tatap muka terbatas dilaksanakan secara bersyarat dan bertahap dengan pembatasan kapasitas ruang kelas maksimal 30% dari kapasitas normal, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat. Persyaratan utama pelaksanaan kuliah tatap muka adalah mahasiswa, dosen, maupun karyawan telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama, mahasiswa berdomisili di Solo Raya, mendapat izin orang tua, serta tidak memiliki riwayat penyakit bawaan.

Baca Juga  Staf Ahli MPR RI Datangi Sekretariat SMSI dan Bahas Perkembangan Jurnalistik Digital Siber di Indonesia

“Kuliah tatap muka dimulai dari mahasiswa semester satu, lalu jika memungkinkan dilanjutkan bertahap untuk mahasiswa semester tiga, lima, dan tujuh, termasuk ujian skripsi, tesis, dan disertasi,” kata Jamal Wiwoho.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS, Prof Dr Djoko Suhardjanto menyebutkan kegiatan kuliah dalam jaringan (daring) kurang menumbuhkan interaksi emosional antara dosen dan mahasiswa. Oleh karena itu, kuliah tatap muka yang mulai digelar diharapkan dapat berlangsung interaktif, sekaligus memperkuat karakter mahasiswa, terutama karakter kebangsaan. (*/cr2)

Baca Juga  Diskusi Terbatas SMSI: Jokowi Presiden Terkuat Se-Asia

Sumber: beritasatu.com

News Feed